GRIYA CANTIK NASA

GRIYA CANTIK NASA

Teknis budidaya bandeng dengan Produk NASA





Teknis

Budidaya Bandeng dengan Produk Organik NASA
Teknis budidaya Bandeng tidak jauh berbeda dengan teknis budidaya ikan pada umumnya. Bandeng termasuk golongan ikan herbivora , yaitu bangsa ikan yang mengkonsumsi tumbuhan . Mampu mencapai berat rata -rata 0,6 kg pada usia 5-6 bulan dengan pemeliharaan yang intensif.
Teknis pembesaran bandeng meliputi beberapa hal, yaitu :
Persiapan Lahan
 Persiapan lahan merupakan tahap yang sangat penting karena bisa menentukan keberhasilan budidaya , kegiatan yang di lakukan selama persiapan lahan adalah :
  • Pencangkulan dan Pembalikan tanah
Bertujuan untuk membebaskan senyawa dan gas beracun sisa budidaya hasil dekomposisi bahan organik baik dari pakan maupun dari kotoran . Selain itu dengan menjadi gemburnya tanah , aerasi akan berjalan dengan baik sehingga kesuburan lahan akan meningkat.
  • Pengapuran
Selama budidaya , ikan yaitu pada Ph 7 - 8 . Untuk mengembalikan keasaman tanah pada kondisi tersebut , dilakukan pengapuran karena penimbunan dan pembusukan bahan organik selama budidaya sebelumnya menurunkan Ph tanah. Pengapuran juga menyebabkan bakteri dan jamur pembawa penyakit mati karena sulit hidup pada Ph tersebut . Pengapuran dengan kapur tohor, dolomit , atau zeolit dengan dosis 1 ton / ha atau 10 kg / 100 meter persegi.
  • Pemupukan
Fungsi utama pemupukan adalah memberikan unsur hara yang diperlukan bagi pertumbuhan pakan alami , memperbaiki struktur tanah dan menghambat peresapan air pada tanah - tanah yang tidak kedap air ( porous ). Pemupukan bisa menggunakan pupuk Urea dan TSP untuk menumbuhkan pakan alaminya . Selain itu penggunaan TON (Tambak Organik Nusantara ) mampu menghilangkan bahan kimia yang menyebabkan tanah dasar tambak menjadi keras.  Dosis pemupukan TON adalah pada tahap pengolahan  ini adalah 10 botol/ ha atau 25 gram / 100 meter persegi.
  • Pengelolaan Air
Setelah dilakukan pemupukan dengan TON , Air dimasukkan hingga setinggi 10 - 20 cm kemudian di biarkan beberapa hari , untuk menumbuhkan bibit bibit plankton . Setelah itu air di masukkan hingga setinggi 80 cm atau menyesuaikan dengan kedalaman kolam.

Pemindahan Nener
Setelah plankton tumbuh (Warna air hijau )dan kecerahan sedalam 30 - 40 cm , nener di masukkan ke kolam pembesaran dengan hati hati dengan adaptasi terhadap lingkungan yang baru. Caranya adalah sebagai berikut : 
  1. Masukkan kantong plastik ke tambak 
  2. Buka penutupnya , gulung hingga setengah panjang plastiknya .
  3. Masukkan air tambak ke dalam kantong plastik dengan tangan .
  4. Setelah suhu air di plastik sama dengan suhu air tambak , Maka nener bisa ditumpahkan secara pelan pelan ke tambak.
 Pemberian Pakan
 Sesuai dengan sifat bandeng yang termasuk hewan herbivora , maka ikan ini suka memakan tumbuh tumbuhan yang ada di kolam. Tumbuhan yang di sukai bandeng adalah lumut, ganggang, dan klekap. Untuk mempercepat pertumbuhan , perlu pakan buatan pabrik, dengan standart nutrisi yang di butuhkan untuk tumbuh optimal dengan kdar protein minimal 25 - 28 % . Sebagai hewan herbivora , unsur tumbuhan dalam pakan memang sangat penting , Oleh karena itu , sebaiknya bahan baku unsur  protein harus didominasi dari sumber tumbuhan atau nabati dari tepung kedelai atau bungkil kacang tanah. Sebagai acuan pemberian pakan adalah  : Jumlah pakan 5 -7 % dari berat badan . Waktu pemberian 3- 5 kali sehari.
Penambahan VITERNA Plus dan POC NASA pada pakan buatan merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan tubuh bandeng . VITERNA Plus dan POC NASA mengandung mineral - mineral penting ,protein , lemak dan vitamin akan menambah kandungan nutrisi pakan.
Cara pemakaian VITERNA Plus dan POC NASA adalah , kedua produk di oplos menjadi satu , kemudian di berikan ke ikan dengan cara di campur pakan dengan dosis 1 tutup botol oplosan per 3 kg pakan. Untuk meratakan pencampuran , sebaiknya 1 tutup botol oplosan produk tersebut di tambah dengan 1/2 liter air. Pemberian pakan dengan menyebarkan secara merata pada seluruh areal kolam, agar seluruh bandeng dapat pakan.
Pengendalian Hama dan Penyakit
Penyakit penting yang sering menyerang bandeng adalah : 
  • Pembusukan sirip, disebabkan oleh bakteri.Gejalanya sirip membusuk dari bagian tepi.
  • Vibriosis. Disebabkan oleh bakteri Vibriosis sp, Gejalanya nafsu makan turun, pembusukan sirip, dan bagian perut bengkak oleh cairan.
  • Penyakit oleh Protozoa . Gejalanya nafsu makan hilang, mata buta , sisik terkelupas , insang rusak , banyak berlendir.
  • Penyakit oleh cacing renik.Sering disebabkan oleh cacing Diplotacnum yang menyerang bagian insang sehingga menjadi pucat dan berlendir.
Penyakit dari bakteri , parasit dan jamur di sebabkan lingkungan yang buruk, dan penurunan daya tahan tubuh ikan . Penurunan kualitas lingkungan disebabkan oleh tingginya timbunan bahan organik dan pencemaran lingkungan dari aliran sungai . Bahan organik dan kotoran akan membusuk dan menghasilkan gas gas yang berbahaya . Ketahanan tubug ikan ditentukan konsumsi nutrisinya . Maka cara pengendalian penyakit harus menitikberatkan pada kedua faktor tersebut.
Untuk menjaga kualitas lingkungan dapat di lakukan perlakuan TON dengan dosis 1 kg/ha ( 2 sendok makan /100 m persegi ) tiap 20 hari sekali . Selain itu juga dengan pemberian PROBIOTIK TANGGUH dengan dosis 1 botol /ha yang mengandung berbagai bakteri pengurai yang penting, sehingga kualitas air dapat terjaga selama budidaya. Kombinasi kedua Produk tersebut akan menghasilkan pertumbuhan pakan alami yang baik dan kualitas air terjaga selama budidaya.
Dengan kualitas air tambak yang selalu baik, didukung kecukupan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan penggemukan akan meningkatkan peluang keberhasilan budidaya dalam bentuk angka kematian rendah dan pertumbuhan serta penggemukan Bandeng yang cepat.

PImage result for gambar produk nasa untuk bandengroduk Organik NASA Untuk Teknis Budidaya bandeng
Poc NASA
POC NASA mempunyai kandungan berbagai mineral penting yang di perlukan ikan . Bisa di gunakan untuk semua jenis ikan
 baik ikan air tawar maupun air payau  ( udang , bandeng , kerapu dll ). Diperkaya dengan asam amino yang sebagai bahab baku utama pembentuk jaringan daging ikan / udang .
HORMONIK
Hormonik mengandung berbagai mineral penting yang di perlukan oleh  ikan / udang untuk pertumbuhan dan penggemukan nya. Pemakaian bersama denga POC NASA dan VITERNA akan meningkatkan kandungan nutrisi di pakan serta meningkatkan efektifitas pencernaan sehingga meningkatkan jumlah nutrisi atau gizi di pakan yang dapat di serap oleh ikan . Sehingga ikan akan tumbuh lebih cepat dan pada saat pertumbuhan sudah maksimal , maka pembentukan daging akan lebih efektif.
VITERNA Plus  
VITERNA Plus mempunyai kandungan berbagai mineral penting yang di perlukan ikan atau udang . Mineral -  mineral tersebut dalam bentuk ionikyang sudah siap diserap oleh usus halus ikan . VITERNA bisa digunakan untuk semua jenis ikan , baik ikan air tawar atau air payau  (udang , bandeng , kerapu dll ). Selain mineral , VITERNA juga di perkaya denga asam amino yang sebagai bahan baku utama pembentuk jaringan daging ikan / udang .
TON (Tambak organik Nusantara )
Formula alami (organik ) khusus tambak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi serta untuk menjaga / memperbaiki kelestarian lingkungan tambak dengan memberikan mineral - mineral yang dibutuhkan udang / bandeng , mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami udang / bandeng  ( kesuburan perairan ), serta mengikat logam logam berat sekaligus membantu mengurai senyawa komplek berbahaya beracun bagi udang / bandeng . Serta membantu merutinkan molting udang . 
PROBIOTIK TANGGUH
Diformulasikan khusus untuk menyempurnakan proses fermentasi di dalam saluran pencernaan lebih efektif untuk menghasilkan pertumbuhan maksimal . Terbuat  dari bahan bahan alami murni sehingga aman dan sehat serta meningkatkan gizi , cita rasa pakan. Pada aplikasi di lahan budidaya , bakteri bakteri yang ada di TANGGUH PROBIOTIK akan menyempurnakan proses penguraian bahan organik sehingga tidak terjadi akumulasi bahan yang beracun ( Amonia dan hidrogen sulfida )di tambak atau kolam budidaya . Sehingga kesuburan tambak atau kolam selalu terjaga selama proses  budidaya.
Untuk pemesanan produk NASA hubungi distributor resmi NASA N - 493450
Hub WA / SMS / Telf : 082-226-447-272

        
  


 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknis budidaya bandeng dengan Produk NASA"

Post a Comment